abang zuhri
this site the web

peninggalan kerajaan hindu

PRAMBANAN
Candi Prambanan merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di daerah Prambanan, Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni: Rakai Pikatan, raja kedua wangsa Mataram I ( Mataram Kuno ) atau Balitung Maha Sambu, semasa wangsa Sanjaya. Tidak lama setelah dibangun, candi ini ditinggalkan dan mulai rusak.

Candi ini ditemukan lagi oleh CA. Lons pada tahun 1733 seorang berkebangsaan Belanda. Saat ini candi Prambanan menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia, sungguh peninggalan yang sangat luar biasa, begitu megah, dan unik, di dekat candi Prambanan terdapat candi 1000 yang bercorak Budha, dari hal ini kita bisa menyimpulkan betapa dekat dan bersahabat para leluhur kita walaupun memiliki latar belakang agama yang berbeda.

Candi Pringapus

Candi Pringapus adalah candi di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung 22 Km arah barat laut ibu kota kabupaten Temanggung. Arca-arca berartistik Hindu yang erat kaitanya dengan Dewa Siwa menandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu Sekte Siwaistis.

Candi tersebut dibangun pada tahun tahun 772 C atau 850 Masehi menurut prasasti yang ditemukan di sekitar candi ketika diadakan restorasi pada tahun 1932.

0 komentar:

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies